9 penyebab telat haid

Banyak wanita sering mengalami siklus haid yang terganggu karena kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penundaan menstruasi sangat umum pada banyak wanita, tetapi tidak semua orang tahu apa yang menyebabkan fenomena ini. Menurut dokter, penundaan menstruasi sering disebabkan oleh beberapa alasan:

9 penyebab telat haid

1. Kehamilan

ika Anda berhubungan seks dengan pacar tetapi tidak menggunakan perlindungan apa pun, kemungkinan Anda hamil. Wanita hamil adalah salah satu penyebab umum telat haid dan kehilangan menstruasi. Untuk mengetahui apakah periode yang tepat adalah karena kehamilan, Anda hanya perlu menggunakan tes kehamilan.

2. Menurunkan terlalu banyak berat badan atau berolahraga secara berlebihan

Hal ini menyebabkan wanita kehilangan energi, tubuh yang stres juga menghambat menstruasi, sehingga memperlambat menstruasi.

3. Stres

Menjelang siklus menstruasi, tetapi Anda mengalami kesedihan, penderitaan, suasana hati yang tidak stabil, stres, kecemasan, stres, terlalu banyak berpikir … semua faktor psikologis ini akan menghambat hilangnya telur, menyebabkan telur jatuh terlambat dan haid akan datang lebih lambat dari biasanya.

4. Efek samping dari beberapa obat

Jika wanita menggunakan antibiotik jangka panjang (obat hormonal, antikoagulan, obat penurun berat badan, atau obat anti koagulan, obat penenang …) atau menggunakan obat Kontrasepsi darurat serta pil KB harian juga merupakan faktor yang menyebabkan wanita mengalami telat haid.

Untuk meningkatkan telat haid dalam kasus ini, wanita perlu berkonsultasi dengan spesialis untuk menghentikan penggunaan obat. Untuk wanita dengan pil KB harian atau pil kontrasepsi darurat, Anda harus berkonsultasi dengan spesialis untuk melihat apakah kontrasepsi harus dilanjutkan, jika dismenore Jika menstruasi Anda terlalu berat, Anda harus berhenti menggunakannya dan mengganti metode kontrasepsi aman lainnya.

5. Minum alkohol

Minum terlalu banyak alkohol akan memengaruhi hormon reproduksi dan menyebabkan gangguan menstruasi. Sebuah studi di Jepang pada 2012 wanita yang minum berlebihan menderita gangguan menstruasi dan secara signifikan lebih sedikit cadangan sel telur dibandingkan yang lain. Situasi ini dapat menyebabkan kemandulan di masa depan.

6. Merokok

Jika wanita mulai merokok pada usia muda dan merokok setengah tas ke tas setiap hari, risiko mereka mengalami sindrom pramenstruasi akan meningkat secara signifikan.

Karena merokok dan nikotin berdampak negatif pada organ panggul. Merokok mengurangi distribusi oksigen ke area panggul, sehingga Anda mungkin mengalami penyumbatan panggul, dan mengalami sindrom pramenstruasi yang lebih parah. Selain itu, merokok dapat menyebabkan kegagalan fungsi saluran telur, penyebab infertilitas dan hilangnya kualitas dan jumlah telur.

7. Berat badan tiba-tiba atau penurunan berat badan

Menurut dokter, wanita menambah berat badan secara tiba-tiba atau menjadi gemuk atau wanita yang kehilangan berat badan secara tiba-tiba atau terlalu kurus sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Jika wanita kekurangan berat badan atau menurunkan berat badan dengan cepat, tubuh tidak akan memiliki cukup lemak untuk mendukung janin, sehingga mereka akan mengalami ovulasi lebih sedikit. Wanita yang kelebihan berat badan akan memiliki siklus yang lebih lama karena tubuh memproduksi lebih banyak insulin – hormon yang secara langsung mempengaruhi ovarium dan mencegah ovulasi.

Untuk mengatasi situasi ini, wanita harus makan dan minum secukupnya agar mereka tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Ketika tubuh Anda kembali normal, penundaan menstruasi secara otomatis akan hilang.

8. Menopause dini

Ketika wanita di bawah 40 tahun kekurangan jumlah hormon yang signifikan, mereka mungkin mengalami menopause dini, juga dikenal sebagai kegagalan ovarium dini. Seiring dengan “mematikan” siklus menstruasi ada juga gejala seperti panas pada orang tersebut, keringat malam dan kekeringan pada vagina.

9. Mendapatkan penyakit ginekologis

Peradangan kelenjar serviks, fibroid serviks, ovarium polikistik atau penyakit peradangan ovarium atau ovarium atau beberapa koagulopati menyebabkan wanita mengalami telat haid.

Untuk mengenali fenomena ini, wanita perlu mengamati, memantau menstruasi mereka untuk melihat tanda-tanda abnormal seperti: gumpalan darah dan darah berbau warna buruk atau aneh? Pantau juga manifestasi kesehatan lainnya, terutama jika ada tanda-tanda sakit perut di bawah api kecil atau tidak, atau jika ada banyak cairan berwarna coklat, cairan vagina dan area berbau tidak sedap? ..

Selain itu, telat haid pada wanita mungkin juga disebabkan oleh gangguan pencernaan, diet, tidur yang tidak masuk akal, diet yang buruk, terlalu banyak terjaga malam hari. Menurut para ahli, keterlambatan haid jika tidak diobati segera dapat menyebabkan hilangnya menstruasi dan infertilitas pada wanita. Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab pasti penyakit dan menghindari komplikasi berbahaya, yang terbaik adalah pergi ke klinik medis terkemuka atau klinik untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *