Kanker Serviks Stadium 4

 

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium 4 disebut dengan kanker metastasis atau yang lebih dikenal dengan kanker stadium lanjut. Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut biasanya akan bisa terdeteksi  pada pemeriksaan panggul yang berubah menjadi abnormal atau dilihat dari beberapa gejala yang ditunjukan oleh penderitanya.

Dikatakan bahwa anda sudah memasuki kanker stadium lanjut jika kanker sudah menyebar pada organ-organ lain yang berada disekitar serviks atau leher Rahim, dan bahkan sel kanker juga bisa menyebar pada organ tubuh lainnya.

Kategori kanker serviks stadium 4

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium 4 juga dipisahkan kedalam 2 kategori, yaitu:

Kanker serviks stadium 4 tahap 4A

Pada tahan stadium 4A kanker biasanya sudah menyebar pada organ-organ yang berada di sekitar leher Rahim, seperti pada kandung kemih dan rectum. Namun sel kanker belum menyebar pada kelenjar getah bening.

Kanker serviks stadium 4 tahap 4B

Pada stadium 4 tahap 4B sel kanker sudah menyebar pada organ tubuh lainnya seperti menyebar ke bagian tulang, hati dan paru-paru.

Harapan hidup penderita kanker serviks stadium 4

Diagnosis yang dilakukan oleh National Cancer Data Base pada beberapa penderita kanker servks tahun 2000 dan 2002 menyatakan bahwa angka harapan hidup sekitar 5 tahun. Dan jika kanker serviks ini diketahui saat sudah memasuki stadium , kemungkinan kesembuhan yaitu sekitar 16%, namun jika diketahui saat kanker sudah memasuki stadium 4B maka kemungkinan diagnosis kesembuhan sekitar 15 persen.

Namun biasanya aka nada beberapa metode pengobatan yang tersedia pada setiap tahap kanker. Dan perlu diingat bahwa tingkat perkiraan hidup ini tetaplah hanya perkiraan manusia, dan presentase ini tidak bisa memprediksi dengan pasti  apa yang akan terjadi pada setiap individu.

Untuk lebih memahami kondisi ini sebaiknya anda membicarakannya dengan dokter anda.

Pengobatan kanker serviks stadium 4

Beberapa faktor pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan penderita kanker serviks dalam memilih pengobatan kanker serviks stadium 4. Tujuan dari pengobatan kanker serviks stadium 4 ini tentunya untuk mengontrol sel kanker, mengurangi gejala kanker serviks yang dirasakan dan untuk meningkatkan kesempatan penderita agar kesempatan sembuhnya menjadi lebih besar.

Namun meskipun begitu pengobatan kanker stadium 4 ini juga memiliki beberapa bahaya dan resiko, dan resiko yang terjadi juga cukup berat. Ole karena itu anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih pengobatan ini.

Pada penderita kanker stadium 4 biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan degan melakukan kombinasi antara terapi radiasai dan terapi kemooterapi.

Terapi radiasai ini merupakan pengobatan dengan menggunakan sinar x yang memiliki kemampuan dalam membunuh sel kanker, terapi radiasai ini dilakukan dengan cara menyinari tubuh anda dengan menggunakan sinar X atau dengan cara menyisipkan kapsul berukuran kecil yang memiliki kandungan bahan radio aktiv, yang kemudian dimasukan dekat dengan Rahim dengan cara imlan maupun internal radiasi.

Pada pasien dengan kanker yang sudah memasuki stadium 4 maka pengobatan yang sering ditempuh adalah pengobatan ini, terapi ini akan berlangsung terus selama pengobatan. Pengobatan dengan menggunakan terapi radiasi dan kemoterapi ini biasanya dilaukan rawat jalan selama 4 minggu hingga 6 minggu.

Pada dasarnya kesembuhan seseorang adalah keputusan Tuhan, dan kita hanya disarankan untuk berikhtiar, dan anda juga harus tetap semangat, karena tidak menutup kemungkinan dengan kemungkinan kesembuhan yang kecuil anda tetap bisa sembuh dari kanker ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *